Sistem
Manajemen Kearsipan Berbasis Teknologi Informasi Terpusat merupakan salah satu
perangkat aplikasi elektronik yang digunakan untuk mempermudah dalam melakukan
kegiatan kearsipan secara lebih efektif dan efisien. Sistem Kearsipan Berbasis Teknologi Informasi Terpusat ini, merupakan pengembangan dalam bidang
teknologi informasi terhadap manajemen kearsipan di SMK Negeri 1 Salatiga yang
sejauh ini dilakukan secara konvensional. Melalui Model Sistem
Manajemen Kearsipan Berbasis Teknologi Informasi Terpusat diharapkan dapat
merubah paradigma bagi guru dan staf administrasi di SMK Negeri 1 Salatiga,
khususnya penggunaan model kearsipan berbasis elektronik. Berikut saya tampilkan mengenai
prosedur untuk masuk dalam aplikasi Sistem Kearsipan Berbasis Teknologi
Informasi Terpusat:
1. Langkah pertama untuk masuk dalam admin
sistem tersebut adalah mempersiapkan menu WampServer,
berikutnya pilih (klik) program aplikasi Electronic
Filing System (EFS) Komputer. Pada langkah ini dapat ditunjukkan melalui
tampilan gambar sebagai berikut:
2.
Apabila prosedur yang dilakukan sudah
benar maka akan muncul gambar sebagai berikut:
3.
langkah kedua untuk masuk dalam
aplikasi ini adalah memasukkan passwod dan tekan login, Pada langkah ini dapat ditunjukkan
melalui tampilan gambar sebagai berikut:
4.
Apabila user sudah memasukan passwod dan menekan login, maka akan muncul pilihan menu seperti yang ditampilkan pada gambar berikut:
Apabila user sudah memasukan passwod dan menekan login, maka akan muncul pilihan menu seperti yang ditampilkan pada gambar berikut:
5.
pada langkah ketiga apabila user hendak menemukan kembali arsip yang
telah tersimpan, cukup pilih kategori yang kita maksud seperti pada tampilan
berikut:
6. Sedangkan jika user ingin mencari pilihan menu periode surat, maka dapat memilih
tampilan menu seperti yang ditampilkan pada gambar berikut:
7. Setelah
menentukan penemuan arsip berdasarkan tanggal saat penginputan atau tanggal
dokumen, kemudian klik tombol tampilkan, maka pada bagian bawah akan tampil
hasil pencarian dokumen. Sedang tombol
reset digunakan untuk menormalkan kembali seperti sedia kala sebelum ada
penemuan arsip
8. Jika kita memilih dashboard dokumen,
maka tujuan dan langkah-langkahnya sama dengan lampiran cara mengupload dan
mendownload surat.
Demikian
langkah-langkah secara sederhana dalam menggunakan aplikasi Sistem Manajemen
Kearsipan Berbasis Teknologi Informasi Terpusat di SMK Negeri 1 Salatiga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar