A. Pengertian Bauran Promosi (Promotion Mix)
Menurut kamus besar bahasa Indonesia,
Promosi adalah perkenalan produk dalam rangka memajukan usaha, dagang, dsb.
Promosi dagang adalah kegiatan komunikasi untuk meningkatkan volume penjualan
dengan pameran, periklanan demonstrasi dan usaha lain Yang bersifat persuasif[1]. Pada
hakekatnya promosi merupakan suatu bentuk komunikasi pemasaran. Aktivitas Komunikasi
Pemasaran meliputi tiga tujuan utama , yaitu :
a.
Untuk menyebarkan informasi (Komunikasi Informatif)
b.
Mempengaruhi untuk melakukan pembelian atau menarik
konsumen (Komunikasi Persuasif)
c. Mengingatkan khalayak untuk melakukan pembelian ulang
(Komunikasi Mengingatkan Kembali)
Selain itu promosi merupakan salah
satu faktor penentu keberhasilan suatu program pemasaran. Betapapun
berkualitasnya suatu produk, bila konsumen belum pernah mendengarnya dan tidak
yakin bahwa produk itu akan berguna bagi mereka, maka mereka tidak akan pernah
membelinya.
Promosi juga merupakan salah satu
variabel dalam bauran pemasaran (marketing mix) yang sangat penting
dilaksanakan oleh perusahaan dalam rangka memasarkan produknya. Dengan adanya
kegiatan promosi diharapkan produk yang dipasarkan dan perusahaannya dikenal,
diperhatikan, diminati, disukai, dan dibeli oleh konsumen untuk memenuhi
kebutuhannya. Kegiatan promosi yang dilakukan oleh perusahaan bukan hanya
terbatas pada produk baru saja, tetapi juga produk yang sudah lama dikenal
konsumen.
Menurut William G. Nickles dalam buku
Principles of Marketing, A Broadened Concept of Marketing, Promosi adalah :
Arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan
seseorang atau organisasi pada tindakan
yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.
Menurut Marin L. Bell dalam buku
Marketing, Concept and Strategi juga menjelaskan promosi adalah : Semua jenis
kegiatan pemasaran yang ditujukan untuk mendorong permintaan.
Pada
prinsipnya kedua definisi diatas memiliki kesamaan, hanya titik beratnya yang
berbeda. Untuk yang pertama menitik beratkan pada penciptaan pertukaran,
sedangkan definisi yang kedua lebih menitik beratkan pada usaha pendorongan
permintaan.
Sedangkan yang dimaksud dengan
Promotional Mix menurut William J. Staton dalam buku Fundamentals of Marketing
adalah : Kombinasi strategi yang paling baik dari variabel-variabel periklanan,
personal selling dan alat promosi lain yang semuanya direncanakan untuk
mencapai tujuan program penjualan.
Variabel-variabel
yang terdapat dalam promotion mix atau Bauran Promosi adalah :
1.
Periklanan (Advertising)
2.
Penjualan tatap muka (Personal Selling)
3.
Publisitas (Publicity)
4.
Promosi penjualan (Sales Promotion)
1. Periklanan (Advertising)
Iklan merupakan bentuk komunikasi
tidak langsung yang didasari pada informasi tentang keunggulan dan keuntungan
suatu produk yang disusun sedemikian rupa sehingga menimbulkan rasa
menyenangkan yang akan mengubah pikiran seseorang untuk melakukan pembelian. Iklan
adalah bentuk presentasi dan promosi non pribadi tentang ide, barang, jasa,
yang dibayar oleh sponsor tertentu.
Periklanan meliputi penyiapan,
perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan iklan. Periklanan adalah suatu bentuk
atau suatu cara penyajian gagasan tentang produk, baik berupa barang, jasa yang
dibiayai oleh sponsor tertentu yang bersifat non personal. Adapun media
yang dipergunakan dalam periklanan antara lain : Televisi, Radio, Tabloid,
Surat Kabar, Majalah, dsb.
2. Penjualan Tatap Muka (Personal Selling)
Personal selling merupakan
komunikasi langsung (tatap muka) antara penjual dan calon pelanggan untuk
memperkenalkan suatu produk kepada calon pelanggan dan membentuk pemahaman
pelanggan terhadap produk sehingga mereka kemudian akan mencoba dan membelinya.
Personal selling juga merupakan salah satu cara atau bentuk penyajian secara
lisan dalam suatu pembicaraan dengan seseorang atau beberapa orang konsumen
dengan maksud agar penjualan produknya meningkat. Sehingga dapat dikatakan
bahwa Personal Selling adalah Presentasi lisan dalam suatu percakapan dengan
satu calon pembeli atau lebih yang ditujukan untuk meningkatkan penjualan.
3. Publisitas (Publicity)
Publisitas adalah pendorongan
permintaan secara non pribadi untuk suatu produk, jasa atau ide dengan
menggunakan berita komersial didalam media massa dan sponsor tidak dibebani
sejumlah bayaran secara langsung. Misalnya melalui surat kabar, majalah, radio
dan televisi. Bentuk yang lebih luas dari publisitas adalah hubungan
masyarakat. Publisitas merupakan bentuk penyajian dan penyebaran ide, barang,
dan jasa secara non personal, yang mana orang atau organisasi yang diuntungkan
tidak membayar.
Dibandingkan dengan iklan, publisitas mempunyai
kredibilitas yang lebih baik, karena :
a. Pembenaran
(baik secara langsung maupun tidak langsung) dilakukan oleh pihak lain selain
pemilik iklan.
b. Pesan
publisitas dimasukkan dalam berita atau artikel koran, tabloit, majalah, radio,
televisi dll, maka khalayak tidak memandangnya sebagai komunikasi promosi.
c. Publisitas
memberi informasi lebih banyak daripada iklan.
d. Kini
publisitas biasanya merupakan bagian dari departemen humas perusahaan
Kelemahannya :
a. Tidak
dapat mengatur kapan publisitas itu akan disajikan, dan bagaimana publisitas
tersebut disajikan, karena tidak ada perjanjian yang menguntungkan bagi pihak
penyaji.
b. Penyajiannya
tidak diulang-ulang seperti iklan
4. Promosi Penjualan
Promosi Penjualan merupakan bentuk
persuasi langsung melalui penggunaan berbagai insentif yang dapat diatur untuk
merangsang pembelian produk dengan segera dan atau meningkatkan jumlah barang
yang dibeli oleh pelanggan.
B. Tujuan Promosi Pemasaran
Agar promosi pemasaran dapat
mencapai tujuan secara optimal, perlu mempertimbangkan faktor-faktor berikut :
a. Luas
pasar dan konsentrasi pasar
b. Jenis dan
sifat produk yang dipasarkan
c. Jumlah
dana yang tersedia untuk kepentingan promosi
d. Daur
hidup produk atau siklus usaha
Tujuan dari promosi pemasaran adalah :
a. Merubah
tingkah laku dan pendapat konsumen
b. Memberitahu
pasar yang dituju tentang penawaran produk
c. Membujuk
konsumen agar menyukai produk dan memotivasi pembelian
d. Mengingatkan
konsumen agar menyukai produk dan memotivasi pembelian
e. Mempertahankan
merk produk perusahaan
Keuntungan promosi pemasaran adalah :
a. Meningkatkan
omzet penjualan
b. Memperpendek
piutang yang diberikan perusahaan
c. Mengingatkan
konsumen terhadap produk
d. Membentuk
produk motives atau patronage motives
e. Produk
perusahaan lebih terkenal dalam pasaran bebas
f. Meningkatkan
produksi perusahaan
g. Meningkatkan
keuntungan perusahaan
h. Perputaran
modal kerja perusahaan menjadi lebih cepat
Secara umum, keuntungan dari promosi
pemasaran adalah berusaha meningkatkan omzet penjualan, sehingga keuntungan
yang diharapkan perusahaan dapat meningkat atau maksimalisasi penjualan, yang
pada akhirnya akan meningkatkan keuntungan perusahaan.
Pentingnya Kegiatan Promosi Pemasaran
Jika perusahaan ingin berkembang dan
maju, maka harus melakukan kegiatan promosi yang sesuai dengan produk
perusahaan tersebut, melalui berbagai macam cara promosi yang disebut promotion
mix (bauran promosi). Bauran promosi ini
penting artinya untuk dapat melayani konsumen yang menghadapi berbagai macam
produk sejenis. Dengan promosi, konsumen akan mampu memilih produk sejenis
dimaksud sesuai dengan kebutuhannya. Agar kegiatan promosi dapat mencapai
sasaran dengan pengorbanan sekecil-kecilnya, maka promosi harus direncanakan
secara baik dengan mempertimbangkan segala faktor yang dapat menghambat
keberhasilan promosi, sehingga promosi yang diselenggarakan dapat mencapai
sukses.
Keberhasilan
promosi tidak hanya mampu menaikan omet
penjualan saja, tetapi juga dapat memberikan keuntungan lainnya, antara lain :
a. Menimbulkan
biaya per unit lebih rendah
b. Keuntungan
per unit lebih tinggi
c. Keuntungan
per bulan lebih tinggi
d. Meningkatkan
efisiensi penggunaan modal kerja
e. Memperkecil
timbulnya piutang ragu-ragu dan sebagainya
Sebaliknya, jika strategi promosi yang dilaksanakan
tidak berhasil, maka dapat :
a. Menyebabkan
keragu-raguan konsumen terhadap produk
b. Biaya per
unit naik
c. Keuntungan
menurun
d. Mengakibatkan
kerugian atau kegagalan perusahaan
C. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi Promotion Mix
Beberapa faktor yang mempengaruhi
dalam menentukan kombinasi dari variabel-variabel bauran promosi (Promotion
mix), adalah :
a.
Jumlah
dana yang dipergunakan untuk promosi
Jumlah dana yang tersedia merupakan
faktor penting untuk keberhasilan bauran promosi. Perusahaan yang memiliki dana
lebih besar akan mampu membiayai penyelenggaraan promosi yang menggunakan lebih
dari satu variabel bauran promosi. Perusahaan juga mampu membiayai pembuatan
berbagai bentuk dan jenis promosi, baik dalam satu variabel dan atau
kombinasinya. Sedangkan bagi perusahaan yang dananya terbatas akan sulit
mengembangkan promosi, terlebih untuk promosi dengan iklan melalui media
televisi yang biayanya relatif tinggi baik biaya pembuatannya maupun tayangan
satu buah iklan.
b.
Sifat
pasar
Sifat
pasar yang mempengaruhi promotion mix, antara lain :
1) Luas
pasar secara geografis
2) Konsentrasi
pasar
3) Macam-macam
pembeli
c.
Jenis
Produk
Setiap jenis produk memiliki
karakter yang berbeda-beda, sehingga dalam mempromosikan produk harus
memperhatikan jenis produk, apakah untuk keperluan industri atau untuk keperluan konsumen.
d.
Tahap-Tahap
dalam Siklus Kehidupan Produk
1) Tahap
Perkenalan
Perusahaan
harus berusaha memotivasi peningkatan permintaan terhadap suatu produk mulai
perkenalan secara umum tentang produk baru dan merk. Pada tahap ini menurut
Kotler (1991), iklan dan publisitas mempunyai keefektifan biaya yang tinggi,
kemudian diikuti promosi penjualan untuk
mendapatkan cakupan distribusi.
2) Tahap
Pertumbuhan
Semua
alat promosi dapat digunakan secara seimbang. Hal ini karena permintaan pada
pasar tertentu memiliki momentum sendiri-sendiri. Komunikasi dari mulut ke
mulut cepat berkembang.
3) Tahap
kedewasaan
Kegiatan
promosi dapat menekan pada promosi penjualan, iklan, dan penjualan pribadi.
4) Tahap
Kemunduran/Penurunan
Promosi
penjualan tetap kuat, tetapi iklan dan publisitas berkurang. Tenaga penjualan
hendaknya memberikan sedikit perhatian kepada produk yang dipasarkannya.
Disamping itu, perusahaan harus sudah membuat produk baru atau produk yang
lebih baik, karena usaha-usaha promosi sudah tidak menguntungkan lagi.
Disamping
keempat faktor diatas, faktor kesiapan pembeli juga harus dipertimbangkan.
Kesiapan pembeli memiliki beberapa tahap, yaitu :
a.
Tahap
Kesadaran
b.
Tahap
Pemahaman
c.
Tahap
Keyakinan
d.
Tahap
Pemesanan
e.
Tahap
Pemesanan ulang terhadap suatu produk
Pada produk-produk tertentu, jika pangsa pasarnya tinggi, perusahaan harus
menggunakan iklan dan personal selling bersama-sama, karena pangsa pasar yang
tinggi menunjukkan perusahaan melayani beberapa segmen dan saluran distribusi ganda. Sebaiknya jika pangsa pasarnya
rendah penekanan hendaknya diberikan pada iklan atau personal selling.
Iklan lebih cocok digunakan didalam
industri yang jumlah perusahaannya sedikit. Hal ini dikarenakan iklan yang
besar-besaran dapat menjadi hambatan masuk ke dalam industri, dan iklan yang besar-besaran
tersebut dapat digunakan sebagai jaminan kualitas produk dan mengurangi ketidak
pastian pelanggan terhadap produk baru.
Apabila persaingan sangat ketat,
ketiga metode Personal Selling (Penjualan tatap muka), mass selling (Periklanan
dan Publisitas), dan Sales Promotion (Promosi Penjualan) dibutuhkan untuk
mempertahankan posisi produk. Sebaliknya pada persaingan yang terbatas,
penekanan promosi dapat hanya pada Mass Selling atau Personal Selling saja.
Secara hipotesis iklan lebih tepat untuk produk-produk yang memiliki
permintaan laten. Namun jika
permintaan terbatas dan diharapkan tidak bertambah, maka iklan hanya merupakan
suatu pemborosan.
D. Sasaran Promosi Pemasaran
Setiap perusahaan yang menginginkan
omset penjualannya meningkat harus menyelenggarakan promosi. Dalam
menyelenggarakan hendaknya mempertimbangkan sasaran promosi dan pihak
lain yang berhubungan dengan promosi. Kejelasan promosi akan mempermudah menentukan
variabel bauran promosi yang akan digunakan, serta media promosinya. Sasaran
promosi dapat ditujukan kepada:
a. Seluruh
konsumen agar mereka berminat membeli produk
b. Pembeli
produk dari perusahaan tersebut
c. Pemakai
produk dari perusahaan tersebut
d. Konsumen
yang memiliki potensi untuk membeli
produk
e. Pelanggan
yang setia membeli produk perusahaan
f. Distributor
atau agen yang bersedia memasarkan produk
g. Pedagang
besar dan pedagang kecil
h. Pemerintah
yang memerlukan produk
i.
Pesaing perusahaan sejenis
2.
TUGAS
Carilah
contoh dari masing-masing variabel-variabel yang terdapat dalam promotion mix
boleh dari surat kabar, majalah maupun media lain.
5. TEST
1. Apa yang
dimaksud dengan promosi?
2. Apa yang
dimaksud dengan promotion mix?
3. Sebutkan
dan jelaskan kompunen-kompunen promotion mix.
4. Sebutkan
faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan
agar promosi pemasaran dapat mencapai tujuan optimal
5. Apa
tujuan promosi pemasaran?
6. Apa
keuntungan dengan adanya promosi pemasaran?
7. Jelaskan
pentingnya promosi pemasaran
8. Sebutkan
empat faktor yang berpengaruh dalam menentukan kombinasi promotion mix
9. Mengapa
iklan lebih cocok digunakan didalam industri yang jumlah perusahaannya sedikit?
10. Apa
sasaran dari promosi pemasaran?
[1] Persuasif : bersifat
membujuk secara halus (supaya menjadi yakin)
DAFTAR
PUSTAKA
Pusat Pengembangan Penataran Guru Kejuruan, (1997),
Kiat Menarik Minat Konsumen (Bauran Promosi), Depdikbud Dirjen Dikdasmen
Dikmenjur.
Budiarto, Teguh (1993) Dasar Pemasaran, Gunadarma,
Jakarta
Curmins, Julian (1990) Sales Promotion, Kogan Page,
London
DH., Basu Swastha dan Ibnu Sukotjo, (1993), Pengantar
Bisnis Modern (Pengantar Ekonomi Perusahaan Modern), Liberty, Yogyakarta
Tedjasutisna, Ating, (1994), Pelajaran Pemasaran,
Armico, Bandung
Pedoman Penilaian Pembelajaran dan Penulisan Laporan
Nilai versi Kurikulum 2013, SMK N 1 Salatiga
5 komentar:
terimakasi infonya sangat membantu
Daftar pustakanya kok gak ada,,, Tulisan sendiri? hati2 lo ini namaya plagiarisme klo tidak mencantumkan sumbernya
FBS TERBESAR Dapatkan pengembalian rebat atau komisi
hingga 70% dari setiap transaksi yang anda lakukan baik loss maupun profit,bergabung sekarang juga dengan kami
trading forex www.fbsasian.com
-----------------
Kelebihan Broker Forex FBS
1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
2. FBS MEMBERIKAN BONUS 5 USD HADIAH PEMBUKAAN AKUN
3. SPREAD FBS 0 UNTUK AKUN ZERO SPREAD
4. GARANSI KEHILANGAN DANA DEPOSIT HINGGA 100%
5. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANL LOKAL Indonesia dan banyak lagi yang lainya
Buka akun anda di www.fbsasian.com
-----------------
Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
Tlp : 085364558922
BBM : fbs2009
Terimakasih masukannya.
Ada daftar pustakanya. Mungkin tidak ikut terposting.
Dan sekarang sudah saya masukkan daftar pustakanya
Posting Komentar