Landasan Teori Media humas, adalah segala bentuk media
masyarakat yang digunakan humas dalam pekerjaannya dengan tujuan publikasi yang
luas agar produk atau jasa yang humas pasarkan lebih dikenal oleh masyarakat.
Media humas bersifat lebih kepada publikasi dan komunikasi. Media komunikasi
yang penting digunakan humas adalah dalam kemitraannya dengan media pers (cetak
atau elektronik).
Media yang Digunakan Public Relations dalam Menyampaikan Pesan Kepada Publik
Bila membandingkan media PR dan media iklan, akan muncul lima hal menarik:
1. Kampanye periklanan dan kampanye humas sama-sama bisa menggunakan berbagai
macam media.
2. Para praktisi PR berhubungan dengan para editor, jurnalis, serta para produser TV
dan radio, sedangkan para praktisi periklanan lebih banyak berhubungan dengan para
manager iklan dari berbagai perusahaan, petugas iklan di media massa (radio, koran,
televisi, majalah, dan sebagainya).
3. Iklan sifatnya jauh lebih komersial dibandingkan dengan PR.
4. Kampanye periklanan biasanya dilakukan terbatas pada media-media yang bisa
diharapkan akan membuahkan hasil maksimal (misalnya lonjakan penjualan) dengan
biaya serendah-rendahnya. Sedangkaan kampanye PR bersedia menggunakan media
apa saja, asalkan bisa menjangkau sebanyak mungkin khalayak.
5. Tidak seperti dunia periklanan, dunia PR dapat menggunakan berbagai media khusus
seperti jurnal-jurnal internal, buletin atau sekedar majalah dinding.
Jenis Media Humas :
1. Media pers (press)
1. Media pers (press)
Media ini terdiri dari berbagai macam koran yang beredar di masyarakat secara umum, baik yang berskala regional maupun nasional atau bahkan internasional, koran-koran gratis, majalah-majalah, yang diterbitkan secara umum maupun hanya dalam jumlah terbatas untuk kalangan tertentu; buku-buku petunjuk khusus; buku-buku tahunan dan laporan-laporan tahunan dari berbagai lembaga yang sengaja dipublikasikan untuk umum.
2. Audio-visual
Media ini terdiri dari slide dan kaset video, film-film dokumenter.
3. Radio
Kategori ini meliputi semua jenis radio, mulai dari yang berskala lokal, nasional hingga internasional baik yang dipancarkan secara luas maupun yang dikemas secara khusus.
4. Televisi
Televisi sebagai media PR tidak hanya televisi nasional atau regional tapi juga televisi internasional, termasuk pula sistem-sistem teletex.
5. Pameran (exhibition)
6. Bahan-bahan cetakan (printed material)
Yakni berbagai macam bahan cetakan yang bersifat mendidik, informatif, dan menghibur yang disebarkan dalam berbagai bentuk guna mencapai tujuan humas tertentu.
7. Penerbitan buku khusus (sponsored books)
Isi buku ini bisa bermacam-macam, misalnya saja mengenai seluk-beluk organisasi, petunjuk lengkap mengenai cara penggunaan produk-produknya atau bisa juga mengenai keterangan tentang berbagai aspek yang berkenaan dengan produk atau organisasi itu sendiri.
8. Surat langsung (direct mail)
Surat PR seperti ini tidak saja ditujukan kepada tokoh atau pribadi-pribadi tertentu saja, tetapi juga kepada berbagai macam lembaga yang sekiranya relevan, atau untuk dipajang di tempat-tempat umum.
9. Pesan-pesan lisan (spoken words)
Penyampaian pesan PR juga bisa dilakukan melalui komunikasi langsung atau tatap muka.
10. Pemberian sponsor (sponsorship)
Suatu organisasi atau perusahaan bisa pula menjalankan kegiatan PRnya melalui penyediaan dana atau dukungan tertentu atas penyelenggaraan suatu acara seni, olahraga, ekspedisi, beasiswa universitas, sumbangan amal, dan sebagainya. Kegiatan penyediaan sponsor ini juga sering dilakukan dalam rangka melancarkan suatu iklan atau mendukung usaha-usaha pemasaran.
11. Jurnal organisasi (house jurnals)
Suatu bentuk terbitan dari sebuah perusahaan atau organisasi yang sengaja dibuat dalam rangka mengadakan komunikasi dengan khalayaknya.
12. Ciri khas (house style) dan identitas perusahaan (corporate identity)
Bentuknya bisa bermacam-macam, tergantung pada bentuk dan karakter organisasinya. Ciri khas organisasi atau identitas perusahaan ini sengaja diciptakan untuk mengingatkan khalayak atas keberadaan dari organisasi yang bersangkutan.
13. Bentuk-bentuk media humas lainnya
Misalnya banyak perusahaan sengaja menyisipkan pesan-pesan sosial pada kemasan produknya agar khalayak mengetahui bahwa mereka bukanlah binatang ekonomi yang semata-mata mengejar keuntungan.
Media Humas (PR Media)
adalah segala bentuk media (sarana/saluran/channel) yang digunakan
praktisi humas dalam pekerjaannya dengan tujuan publikasi yang luas agar produk
atau jasa yang humas pasarkan lebih dikenal oleh masyarakat. Media humas
bersifat lebih kepada publikasi dan komunikasi. Media komunikasi yang penting
digunakan humas adalah dalam kemitraannya dengan media pers (cetak atau
elektronik) --dikenal dengan media relations (hubungan media) atau press
relations (hubungan pers).
1.
Tujuan Media Humas
·
Promosi & tingkatkan pemasaran
·
Komunikasi berkesinambungan.
·
Tingkatkan kepercayaan publik.
·
Tingkatkan citra perusahaan/organisasi
2. Jenis
Media Humas
·
Media Cetak (jurnal inhouse, surat kabar,
majalah, dll)
·
Online Media (website, blog, media sosial,
email, dll)
·
Broadcasting Media (radio, televisi, dll)
·
Special Event (seminar, workshops..dll)
·
Outdoor Media - Media Luar Ruang (spanduk,
papan reklame, poster, dll)
3. Pemilihan
Media
a.
Radio
Plus : penyampaian gagasan sederhana dan
langsung, teks luwes (mudah dikoreksi), punya publik khusus;
Minus : dialog dan materi kurang variasi,
fakta tak bisa dibeberkan lengkap, melelahkan (suara dan waktu terbatas), hanya
bisa didengarkan sekali.
b.
Siaran
televisi
Plus : jangkau masyarakat luas, audio visual;
Minus : biaya mahal, komunikasi satu arah,
siaran cepat, daya beli mahal.
c.
Surat
kabar
Plus : menjangkau semua lapisan masyarakat, murah;
Minus: penyampaian berita tergantung penulis
(isi sudah benar? mudah dimengerti dan dicerna awam? dll).
d.
Media
Online
Plus: Trending, terutama media sosial &
blog, menjangkau seluruh lapisan masyarakat, menjangkau seluruh dunia
(internasional), dapat diakses kapan dan di mana saja, terdokumentasi.
Minus:
butuh akses internet, SDM bidang media online masih terbatas, butuh
keterampilan khusus mengelola & menulis di media online (internet).
Keahlian yang harus
dimiliki praktisi humas ata staf public relations (PR) utamanya keterampilan
komunikasi lisan (public speaking) dan komunikasi tulisan (menulis). Berikut
ini keahlian yang harus dimiliki praktisi humas menurut Cutlip, Centre,
dan Broom dalam Effective Public Relations dalam Komunikasi Antar Pribadi
karya Dra. Yusriah Nasution, M.Pd.
1.
Writing
(Menulis)
Menulis adalah keahlian utama
yang harus dimiliki seorang praktisi humas atau petugas PR. Bukan sekadar
tulis-menulis sembarangan; tulisan harus memuat unsur "green
journalism". Tulisan yang biasa dibuat oleh seorang petugas PR bentuknya
sebagai siaran berita atau rilis pers (press release), "surat berita
"(newsletter), korespondensi, laporan, buklet, naskah pidato, naskah radio
dan TV, skrip film, artikel majalah dan buletin, informasi produk, dan
sebagainya.
2.
Editting
(Mengedit)
Memeriksa komunikasi internal dan eksternal dalam
bentuk publikasi.
3.
Media
Relations (Hubungan dengan Media)
Hubungan dengan media, memberikan informasi,
menanggapi permintaan informasi.
4.
Special
Events (Kejadian khusus)
Merancang dan menangani konferensi pres, pameran,
open house, perayaan ulang tahun perusahaan, pengumpulan dana, konteks,
penghargaan, dan sebagainya.
5.
Speaking
(Berbicara)
Berbicara mewakili organisasi atau merancang
penampilan orang lain dihadapan publik.
6.
Production
(Produksi)
Berkomunikasi dengan menggunakan keterampilan dan
pengetahuan tentang multi media; termasuk seni fotografi, layout brosur,buklet,
iklan institusional, publikasi periodikal, rekaman dan audit suara serta video
tape, presentasi audio visual, dan lain-lain.
7.
Research
(Penelitian)
Mengumpulkan informasi sehingga memudahkan
organisasi untuk merencanakan program sesuai kebutuhan publik, monitoring
efektivitas program Humas selama pelaksanaan dan evaluasi dampaknya.
8.
Programming
& Counselling
Program dan bimbingan yang menentukan kebutuhan,
prioritas, tujuaj, publik, sasaran dan strategi, bekerja sama dengan manajemen
atau klien untuk proses pemecahan masalah.
9.
Training
Melatih atau bekerja sama dengan wakil-wakil
organisasi untuk membuat persiapan menghadapi media, presentasi dan pemunculan
publik lainnya.
10. Management
Kegiatan administrasi operasi fungsi Humas,
personalia, keuangan dan program.
Humas Internal
Kegiatan humas
internal merupakan kegiatan yang ditujukan untuk publik internal
organisasi/perusahaan. Publik internal adalah keseluruhan elemen yang
berpengaruh secara langsung dalam keberhasilan perusahaan, seperti
karyawan, manajer, supervisor, pemegang saham, dewan direksi perusahaan dan sebagainya
Melalui kegiatan humas internal
diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan kepentingan publik internal dari
organisasi/perusahaan. Dengan hubungan yang harmonis antara pihak-pihak yang
terkait dalam perusahaan maka akan tercipta iklim kerja yang baik. Dengan
begitu kegiatan operasional perusahaan akan berjalan dengan lancar.
Humas Internal
berfokus pada hubungan dengan karyawan/pegawai perusahaan, dan terutama
aspek-aspek manusiawi.
Tingkat efektivitas dari Humas Internal dipengaruhi oleh :
v Keterbukaan
pihak manajemenv Kesadaran dan pengakuan pihak manajemen akan nilai dan arti penting komunikasi dengan para pegawai
v Keberadaan seorang manajer komunikasi yang tidak hanya ahli dan berpengalaman, namun jg didukung oleh sumber-sumber daya teknis yang modern
Kegunaan Humas Internal
Ø Penjelasan kebijakan perusahaan & menampung
keluhan-keluhan
Ø Memelihara keterbukaan pemaparan laporan
dan pembukuan tahunan
Ø Perombakan Personalia
Ø Penjelasan teknologi baru
Ø Peningkatan keselamatan kerja
Ø Penyampaian berita personallia
Ø Paparan struktur manajemen
Ø Sosialisasi penerbitan saham
Ø Kesejahteraan pegawai
Ø Humas internasional
Ø Sosilisasi peraturan
Ø Penyambung “lidah”
Ø
Umpan balik
Media Humas Internal
·
Jurnal Internal
Publikasi
atau terbitan yang didistribusikan kepada anggota atau khalayak pendukung dari
suatu organisasi
Jurnal
diartikan secara luas sebagai bahan cetakan yang diterbitkan secara teratur.
Bentuk-bentuknya
:
v Majalah
v Koran
v Newsletter
Nawala (bahasa Inggris: Newsletter)
merupakan alat komunikasi yang digunakan seorang humas dalam memberikan informasi mengenaiperusahaan, baik menyangkut produk yang dihasilkan, orang yang terlibat, serta informasi lain
yang dapat membantu publiknya dalam berhubungan dengan urusan bisnisnya.
·
Untuk menyebarkan informasi dan menarik perhatian publik internal dan eksternal terkait keberlangsungan organisasi.
· Upaya perusahaan untuk membangun dan menjaga hubungan baik
dengan khalayaknya.
· Membuat publik familier dengan perusahaan tersebut dan
selanjutnya selalu ingin untuk mengetahui aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan.
v Majalah dinding
·
Papan Pengumuman
·
Kaset Video Dan Cctv
(Close Circuit Television)
·
Stasiun Radio Sendiri
·
Jaringan Telepon
Internal
·
Kotak Saran
·
Siaran Umum
·
Obrolan Langsung
·
Dewan Pekerja
·
Presentasi Video Atau
Slide
·
Literatur
Pengenalan/Informasi
·
Konferensi Staf Dan
Rapat Dinas
·
Inspeksi Pimpinan
Inspeksi adalah merupakan proses observasi
dengan menggunakan mata.
·
Acara Kekeluargaan
·
Klub Sosial
Humas External
Hubungan dengan
publik diluar perusahaan merupakan keharusan yang mutlak. Karena perusahaan
tidak mungkin berdiri sendiri tanpa bekerja sama dengan perusahaan yang lain.
Karena itu perusahaan harus menciptakan hubungan yang harmonis dengan
publik-publik khususnya dan masyarakat umumnya.
Salah satunya dengan
melakukan komunikasi dengan publik ekstern secara informatif dan persuasif.
Informasi yang disampaikan hendaknya jujur, teliti dan sempurna berdasarkan
fakta yang sebenarnya. Secara persuasif, komunikasi dapat dilakukan atas dasar
membangkitkan perhatian komunikan (publik) sehingga timbul rasa tertarik.
Masalah yang perlu
dipecahkan dalam kegiatan external public relations meliputi
bagaimana memperluas pasar bagi produksinya, memperkenalkan produksinya kepada
masyarakat, mendapatkan penghargaan dan penerimaan dari publik maupun
masyarakat, memelihara hubungan baik dengan pemerintah, mengetahui sikap dan
pendapat publik terhadap perusahaan, memelihara hubungan baik dengan pers dan
para opinion leader, memelihara hubungan baik dengan publik dan para
pemasok yang berhubungan dengan operasional perusahaan dan mencapai rasa
simpatik dan kepercayaan dari publik dalam masyarakat.
Kegiatan Eksternal
Public Relations ini ditujukan untuk publik eksternal
organisasi/perusahaan, yaitu keseluruhan elemen yang berada di luar perusahaan
yang tidak berkaitan secara langsung dengan perusahaan, seperti masyarakat
sekitar perusahaan, pers, pemerintah, konsumen, pesaing dan lain
sebagainya
Melalui kegiatan
eksternal ini, diharapkan dapat menciptakan kedekatan dan kepercayaan publik
eksternal kepada perusahaan. Dengan begitu maka akan tercipta hubungan yang
harmonis antara organisasi/ perusahaan dengan publik eksternalnya, sehingga
dapat menimbulkan citra baik atas perusahaan dimata publiknya.
Media-Media Humas Eksternal
·
Jurnal Eksternal
·
Media Audio-visual
·
Literatur Edukatif (
bisa dalam bentuk Laporan, Majalah, Surat Kabar)
·
Komunikasi Lisan
·
Pameran
·
Seminar
·
Sponsor
3 komentar:
terimakasih bu postingan nya sangat bermanfaat saya juga anak smk 1 pati ... terimakaih sangat membantu :)
Thanks for this posting
Wiji Lestari & Sepya Warih: sama-sama :-)
Posting Komentar