Pages

Selasa, 01 September 2015

JOB SHEET (PBL) TABLE MANNER



JOB SHEET
PROJECT BASED LEARNING
ADMINISTRASI HUMAS DAN KEPROTOKOLAN


A.   KOMPETENSI DASAR:
Menyusun persiapan tata cara menerima tamu

B.   POKOK BAHASAN:
Teori  dan praktik etika jamuan makan resmi (table manner)

C.   TUJUAN PEMBELAJARAN:
1.    Peserta didik dapat merencanakan pembentukan biro perjalanan sendiri
2.    Peserta didik dapat merancang sebuah perjalanan dinas dan atau wisata sendiri
3.    Peserta didik dapat mengorganisir kepanitiaan sebuah perjalanan sendiri
4.    Peserta didik dapat melakukan sebuah perjalanan dinas dan atau wisata sendiri
5.    Peserta didik dapat melakukan pengawasan sebuah perjalanan dinas dan atau wisata sendiri
6. Peserta didik dapat mengevaluasi perjalanan dinas dan atau wisata yang telah dilaksanakan
7.    Peserta didik dapat membuat laporan sebuah perjalanan dinas dan atau wisata
8.  Peserta didik dapat melakukan jamuan makan resmi (table manner) sesuai etika jamuan makan resmi nasional/internasional

D.   TUJUAN TABLE MANNER DAN WISATA:
Tujuan praktik pembelajaran tabel manner adalah menambah pemahaman, pengetahuan dan pengalaman peserta didik pada pokok bahasan table manner. Selain mengerjakan pembelajaran berbasis proyek ini, peserta didik juga mendapatkan metode pembelajaran yang menyenangkan. Sehingga dapat berfungsi untuk menyegarkan pikiran siswa dengan menikmati table manner di hotel berbintang.

E.    TUGAS:
Buatlah rencana berupa sebuah proposal perjalanan dinas table manner kemudian bentuklah sebuah kepanitiaan untuk perjalanan tersebut, organisirlah kepanitiaan sesuai dengan kebutuhan, kemudian lakukan perjalanan tersebut dan setelah selesai buatlah laporan tertulisnya. (Laporan dibuat secara berkelompok, kelompok terdiri dari 5 orang, peserta kelompok sesuai no urut absen)

F.    LANGKAH-LANGKAH:
1.    Buatlah Proposal Perjalanan dinas praktik table manner yang lengkap dan terperinci.
Ini merupakan hal sangat urgen sekali, karena proposal adalah ide pokok dan gagasan utama kita. Baiknya membuat proposal dengan bermusyawarah, kumpulkanlah bahan dan informasi sekecil apapun untuk pembuatan proposal ini. Dalam proposal biasanya berisi latar belakang dan tujuan serta hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan perjalanan dinas praktik table manner.
2.    Penyusunan Kepanitiaan
Jika proposal telah disetujui oleh semua pihak yang terkait di sekolah, maka selanjutnya bentuklah panitia perjalanan dinas praktik table manner, yang terdiri dari ibu dan bapak guru dan kolaborasi dari masing-masing kelas.
3.    Pemilihan Armada 
Pemilihan armada bus pariwisata yang akan digunakan adalah hal penting yang harus direncanakan dengan sebaik-baiknya. Tulislah daftar beberapa perusahaan bus pariwisata, carilah informasi tentang perusahaan bus tersebut, seperti harga sewa bus seluruhnya. Tanyakanlah kepada pengelola bus pariwisata mengenai rincian biaya sewa per bus, agar kita dapat membandingkan perusahaan bus satu dengan bus lainnya.Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan armada ini selain harga sewa bus adalah biaya bensin, tol dan parkir. Carilah bus yang terbaik, supaya seluruh peserta perjalanan dinas praktik table manner merasa nyaman dalam perjalanan.
Seandainya sudah yakin dengan pilihan salah satu perusahaan bus pariwisata, hal yang dilakukan selanjutnya yaitu memberikan uang muka sebagai tanda jadi bahwa kita akan menyewa bus tersebut untuk waktu dan tempat yang disepakati bersama.
4.    Survei Lokasi/Searching lokasi
Panitia mensurvei lokasi yang telah ditetapkan. Dengan mensurvei lokasi maka panitia akan mendapatkan gambaran tentang keadaan saat perjalanan, saat di lokasi, dan segala yang berhubungan dengan tempat tersebut. Dapatkan informasi sebanyak-banyaknya dari hasil survey tersebut.
Panitia akan mendapatkan informasi harga tiket untuk rombongan, serta harga karcis parkir untuk bus di lokasi. Sebaiknya tiket masuk sudah dibeli tiga hari sebelumnya oleh panitia. 
5.    Catering/Konsumsi
Pilih catering yang terbaik, dalam artian harga yang kompetitif/terjangkau dan bergizi tinggi serta makanan yang tidak mudah basi. Panitia baiknya membayar seluruh makanan yang sudah dipesan paling lambat dua minggu sebelum pelaksanaan perjalanan dinas praktik table manner.
6.    Membuat Surat Izin untuk Orang Tua atau Wali Murid
Apabila para peserta dalam hal ini siswa tidak didampingi oleh orang tua dalam mengikuti perjalanan dinas praktik table manner, maka orang tua harus mengisi dan menandatangai lembar persetujuan pemberian izin anaknya untuk mengikuti perjalanan dinas praktik table manner.
7.    Membuat Lembar Pertanyaaan untuk Para Peserta
Karena merupakan perjalanan dinas praktik table manner dan bukan rekreasi biasa. Berikanlah lembar pertanyaan tentang table manner dan seputar objek wisata yang dikunjungi untuk para peserta/siswa jika ada. Agar para peserta tetap terarah dengan tujuan dari kegiatan perjalanan dinas praktik table manner ini. 
8.    Pengumuman 
Tulislah pengumuman di dinding kelas, tentang apa saja yang harus dibawa oleh para peserta/siswa, beserta seragam yang akan digunakan, juga hari/tempat/waktu untuk berkumpul.
9.    Waktu Keberangkatan
Upayakan berangkat sesuai jadwal (tepat waktu) untuk menghindari kemungkinan macet di jalan. Jadwal yang tepat waktu akan membuat rencana yang telah dirancang berjalan sebagaimana mestinya.
10.  Saat Keberangkatan/Perjalanan
Satu hal yang utama yaitu do'a agar selamat dalam perjalanan. Pengawasan  terhadap seluruh peserta, juga pengawasan terhadap supir bus diperlukan agar tidak membawa bus dengan ugal-ugalan. Utamakan keselamatan dan kenyamanan seluruh peserta.
Perjalanan dinas praktik table manner yang terencana dengan baik akan, berdampak baik terhadap sekolah.



                                                                                                Salatiga,     September 2015
                                                                                                Guru Mapel,

Tidak ada komentar: